Berhasil Tangani Angka Kemiskinan di Jateng, Ganjar Optimis Mampu Wujudkan Indonesia Emas - Seputar Sumsel

Minggu, 24 September 2023

Berhasil Tangani Angka Kemiskinan di Jateng, Ganjar Optimis Mampu Wujudkan Indonesia Emas

JAKARTA — Tidak bisa dipungkiri bahwa memang selama kepemimpinannya menjabat sebagai Gubernur di Jateng dua periode terakhir, Ganjar Pranowo mampu mengentaskan hingga 1 juta orang miskin.

Dengan adanya capaian luar biasa dari Ganjar Pranowo tersebut juga mendapatkan apresiasi tinggi dari banyak pihak.

Salah satunya, Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah menilai bahwa torehan yang dicetak oleh Capres dari PDI Perjuangan itu sangat tinggi.

Bahkan, capaian tersebut bisa terus dibawa dan ditingkatkan secara nasional untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat Tanah Air.

"Kalau saya lihat dari capaian itu sangat tinggi, dalam arti dianggap berhasil meskipun dalam konteks itu perlu diformulasi lagi untuk peningkatan lebih baik. Artinya tidak hanya 1 juta, misal ditingkatkan lagi jadi 2 juta, sehingga kemiskinan itu hilang," kata Trubus.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno menjelaskan bahwa keberhasilan penurunan angka kemiskinan di Jateng tentunya merupakan hasil dari kolaborasi pemerintah dengan banyak pihak lain termasuk sektor nonpemerintah.

Untuk melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan itu, pihak Pemprov Jateng juga terus mengoptimalkan berbagai sumber pendanaan.

Bukan hanya dari APBD saja, melainkan juga menggali potensi dari kalangan industri dengan adanya CSR, Baznas dan sebagainya.

“Bagaimana kita menangani kemiskinan di Jateng jauh menjadi lebih efektif dan efisien, serta mengalami penurunan yang cepat,” harap Sumarno.

Pada kesempatan lain, Ganjar Pranowo sendiri mengungkapkan bahwa pengentasan kemiskinan itu merupakan salah satu capaian untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

"Ada tujuh kemudian yang mesti kita sampaikan, membangun SDM produktif. Stablisasi harga pokok yang mesti kita lakukan. Kemiskinan mesti dihapus, setidaknya yang ekstrem, mesti nol. Kerjaan sudah dimulai," ungkapnya.

Selain itu, pemimpin berambut putih tersebut juga mengungkapkan strategi yang harus dilakukan, yakni dengan memperkuat jaringan pengaman sosial.

Kemudian ada pula hilirisasi menuju industri kelas dunia dan upaya untuk mengembalikan alam Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi.

Ganjar Pranowo sangat optimis bahwa Indonesia mampu untuk menjadi negara dengan ekonomi yang besar, diantaranya dengan mewujudkan Tanah Air yang semakin makmur, sehat, lebih pintar dan kian produktif.

Dalam menyukseskan seluruh hal tersebut, menurutnya diperlukan tiga pondasi seperti digitalisasi dalam pemerintahan, membasmi korupsi dan melipatgandakan anggaran negara untuk mewujudkan pelayanan berkualitas.

"Tingkatkan nilai tambah infrastruktur yang hari ini sudah dibangun pemerintah sebagai pondasi yang kuat," pungkas Ganjar.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda