Masyarakat Sumbar Harapkan Sosok Pemimpin dengan Karakter Seperti Ganjar - Seputar Sumsel

Sabtu, 23 September 2023

Masyarakat Sumbar Harapkan Sosok Pemimpin dengan Karakter Seperti Ganjar

Oleh : Ananda Prameswari)*

Seakan menjadi sebuah paket lengkap, seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sangat mengharapkan dan menginginkan sosok pemimpin dengan karakter seperti Ganjar Pranowo, yakni sangat cerdas, berani, tegas, religius, dekat dengan rakyat, memiliki pengalaman serta rekam jejak luar biasa hingga cepat tanggap.

Direktur Eksekutif Akademi Rumah Bangsa, Afrifan Eldo Yura menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo yang merupakan seorang Calon Presiden (Capres) merupakan figur dengan karakter pemimpin yang memang sangat diinginkan oleh seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Bukan tanpa alasan mengapa penilaian tersebut berkembang, pasalnya, bukan hanya sekedar melihat bagaimana latar belakang keluarga yang dimiliki oleh Ganjar, yang mana dirinya memiliki istri seorang anak kyai, serta memang sosoknya sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana religiusitasnya, namun lebih dari itu, Ganjar Pranowo merupakan seorang pemimpin yang sangat dekat dengan seluruh rakyatnya.

Sebenarnya, tidak bisa dipungkiri bahwa sosok pemimpin ideal yang sangat diminati dan disukai oleh seluruh masyarakat di Tanah Air, termasuk juga di Sumatera Barat adalah mereka akan mencari seorang pemimpin seperti kader dari PDIP.

Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang apabila diibaratkan seperti kata pepatah, yakni duduk sama tinggi dan berdiri sama rendah. Selain itu, figur ini juga sangat sesuai dengan karakteristik pemimpin idaman masyarakat di Tanah Minang, yakni Tokoh, Takah Tageh sebagai Presiden karena selama ini semuanya sudah berhasil diperlihatkannya saat masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode atau sepuluh tahun.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kepemimpinan Ganjar telah teruji, pengalaman dan rekam jejaknya juga sangat luar biasa, baik itu selama dirinya menjabat sebagai anggota legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) maupun ketika masih menjabat sebagai Gubernur di Jawa Tengah.

Sosok Ganjar Pranowo sendiri memang dikenal sebagai seorang pemimpin yang sangat cerdas, tegas dan juga bersih. Terlebih, dirinya memiliki visi yang sangat jelas dalam melakukan tata kelola pemerintahan untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara yang labih maju dan lebih baik lagi ke depannya.

Bukan hanya sekedar pemimpin yang cerdas dan tegas semata, melainkan sebagai masyarakat yang sangat religius, warga di Sumatera Barat juga tentunya sangat mengidamkan sosok pemimpin yang memiliki religiusitas tinggi pula, yang mana itu semua ada pada diri Ganjar Pranowo yang dikenal sangat dekat dengan para ulama dan kyai.

Kedekatan yang selama ini terlihat, yakni antara Ganjar Pranowo dengan kalangan tokoh agama, ulama hingga para kyai bukanlah sebuah hal yang dibuat-buat dan hanya sebatas untuk pencitraan semata, pasalnya itu semua adalah merupakan sebuah fakta di lapangan yang konkret.

Untuk itu, masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sendiri tatkala menggunakan kacamata yang objektif sekalipun dalam memilih dan menentukan siapa sosok kandidat yang akan mampu memimpin bangsa ini ke depannya, jawabannya hanya satu, yakni terdapat dalam diri kader PDIP.

Selain itu, hendaknya seluruh masyarakat di Indonesia, termasuk pula di Sumatera Barat, jangan sampai mudah untuk termakan isu-isu yang mungkin banyak disebarluaskan di berbagai media sosial dan ruang digital, terlebih ketika isu tersebut merupakan sebuah pemberitaan yang masih belum bisa dipastikan kebenarannya atau bahkan merupakan berita bohong atau hoaks sehingga menimbulkan sikap anti pati kepada seseorang.

Karena dianggap sudah sangat sesuai dengan bagaimana kriteria pemimpin yang memang diinginkan oleh seluruh masyarakat di Sumbar, maka sosok Ganjar Pranowo yang selama ini terkenal pemimpin cepat tanggap itu terus mendapatkan dukungan yang semakin meluas dan banyak sekali dari semua kalangan dan lapisan elemen masyarakat dari berbagai latar belakang serta berbagai daerah.

Koordinator Wilayah (Korwil) Ganjar Milenial Center (GMC) Sumatera Barat, Galant Mahkota juga mewakili seluruh kaum muda dari generasi milenial dan Gen Z melakukan deklarasi untuk memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo.

GMC memiliki komitmen kuat untuk ikut serta menyosialisasikan nama Ganjar kepada masyarakat, karena mereka melihat sosok Ganjar sebagai pemimpin masa depan yang tepat. Karakter seperti Ganjar Pranowo, yang merupakan sosok pemimpin tegas, cerdas, religius, dekat dengan rakyat hingga sangat cepat tanggap merupakan seluruh ciri dari figur pemimpin sangat ideal yang didambakan dan diharapkan oleh seluruh masyarakat di Sumatera Barat.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Ganjar Pranowo Menang (Gagasan)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda