Milenial Sumbar Basamo Ganjar Gotong Royong Beri Bantuan untuk Masjid - Seputar Sumsel

Selasa, 26 September 2023

Milenial Sumbar Basamo Ganjar Gotong Royong Beri Bantuan untuk Masjid

Oleh : Amara Anindya )*

Kelompok sukarelawan yang menamai diri mereka sebagai Milenial Sumbar Basamo Ganjar menggelar gotong royong untuk memberikan bantuan di rumah ibadah, yakni Musholla atau Masjid Baitul Jalal, yang terletak di Perumahan Jalan Utama 2, Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan gotong royong yang dihelat oleh sukarelawan terdiri dari para pemuda di Tanah Minang yang mendukung sosok Ganjar Pranowo tidak hanya mereka lakukan sendirian, melainkan juga turut diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh elemen dan lapisan masyarakat dari berbagai kalangan di sekitar.

Mengenai kegiatan itu, Ketua Milenial Sumbar Basamo Ganjar, Mahmudin mengungkapkan bahwa adanya pelaksanaan tersebut juga untuk semakin membudayakan masyarakat agar bisa hidup jauh lebih bersih. Termasuk juga, mengajak para generasi muda agar selalu menjaga keindahan masjid serta mushola sebagai rumah ibadah untuk umat Islam.

Komitmen sangat kuat dimiliki oleh kelompok sukarelawan tersebut, bahwa mereka akan terus berusaha untuk menciptakan rumah ibadah bagi umat Muslim, yakni masjid ataupun musholla dengan bersih bersama para generasi muda, generasi milenial hingga Gen Z. Pelaksanaan gotong royong di Baitul Jalal itu memang merupakan langkah awal mereka, namun ke depannya juga akan terus dilanjutkan di rumah ibadah lain, lantaran tidak bisa dipungkiri bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, sehingga sangat penting menjaga kebersihan dalam rumah ibadah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Musholla Baitul Jalal, Syahrial mengungkapkan rasa terima kasihnya yang begitu besar, karena dengan adanya kegiatan gotong royong itu mampu membuat rumah ibadah bagi masyarakat di sekitar menjadi jauh lebih bersih dari sebelumnya. Terlebih, memang dalam waktu dekat, umat Islam akan segera mempertingati Hari Kelahiran Rasulullah, yakni Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga upaya menjadikan rumah ibadah semakin prima dan layak untuk digunakan merupakan hal yang penting dilakukan.

Lebih lanjut, karena tujuan dari para relawan Ganjar Pranowo yang terdiri dari para milenial di Provinsi Sumatera Barat itu bukan hanya untuk mewujudkan lingkungan di masjid atau musholla semakin bersih, mereka juga terus berusaha untuk bisa merangkul para generasi muda lainnya agar turut meramaikan musholla, dengan berbagai macam upaya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan megadakan acara wirid remaja yang dihelat setiap pekan. Ternyata kegiatan itu juga selalu dipenuhi dengan semarak dan juga antusiasme sangat tinggi oleh para generasi muda. Maka dari itu, diharapkan dukungan yang selama ini telah diberikan oleh para pemuda setempat kepada Milenial Sumbar pendukung Capres yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu akan bisa semakin banyak lagi. Sehingga ke depannya para generasi muda di Tanah Minang juga akan semakin gemar mengunjungi masjid atau musholla setempat.

Seluruh upaya yang selama ini telah dilakukan guna mengajak para generasi muda penerus bangsa untuk melakukan banyak hal positif dan turut bergabung ke dalam berbagai hal yang baik juga mendapatkan respon yang sangat positif dari para milenial setempat.

Dukungan kepada Ganjar Pranowo bukan hanya datang dari masyarakat religius di kalangan milenial atau para pemuda di Sumatera Barat saja, melainkan dukungan juga datang bahkan dari seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) di Provinsi Sumbar. Mereka menegaskan bahwa memang figur pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu sangat dekat dengan pesantren dan para kyai serta alim ulama.

Terkait dukungan tersebut, Ketua Pondok Pesantren se-Sumbar, Ustadz Akmal Hadi juga memandang bahwa rekam jejak selama ini yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dalam membangun Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama menjabat sebagai Gubernur Jateng memang menorehkan prestasi yang sangat luar biasa.

Sudah jelas terlihat bahwa selama kader dari partai politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memimpin di Jawa Tengah, wilayah tersebut mengalami perubahan dan kemajuan yang sangat luar biasa. Bahkan dalam hal kehidupan harmonis antar umat beragama terus terjaga dengan baik.

Tidak hanya sekedar dekat dengan para ulama, pesantren dan kyai, namun sudah sangat jelas bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan seseorang yang nasionalis, lantaran dirinya merupakan kader dari PDI Perjuangan.

Maka dari itu, dengan figur yang sudah sangat lengkap tersebut, yakni seorang yang nasionalis serta mampu dekat dengan kaum masyarakat dengan latar belakang religius, menjadikan Ganjar Pranowo semakin diterima oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Termasuk juga para milenial di Sumbar yang bahkan banyak melakukan kegiatan positif dalam menyosialisasikan namanya.

)* Penulis adalah  kontributor GIGIH (Gerakan Inklusif Ganjar untuk Indonesia Harmoni)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda