PDIP Suarakan Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat di Rakernas IV - Seputar Sumsel

Jumat, 29 September 2023

PDIP Suarakan Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat di Rakernas IV

Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada rapat kerja Nasional (Rakernas) IV di Jakarta menyuarakan kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat. Hal itu menjadi tema yang diangkat PDIP pada Rakernas IV tahun ini.

Terdapat tiga agenda utama pelaksanaan Rakernas IV PDIP. Pertama, berbicara soal kedaulatan pangan yang akan digelar pada 29 Oktober 2023. Kedua, membicarakan strategi pemenangan pemilihan legislatif (Pileg) 2024 pada 30 Oktober 2023.

"Hari ketiga 1 Oktober baru bahas Pilpres, sehingga ini satu napas," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di Jakarta.

Menurutnya, Rakernas IV PDIP ini menempatkan petani dan nelayan sebagai pusat dalam masa depan bagi Indonesia yang berdikari di bidang pangan. PDIP ingin mewujudkan kemajuan pangan melalui hulu yang mengedepankan penguasaan ilmu pengetahuan, riset, dan inovasi.

"Jadi, politik panganlah yang menjadi perhatian utama kita yang ditekankan oleh Bu Megawati," ujar Hasto.

Fokus dari acara tersebut adalah mewujudkan kepemimpinan strategis di bidang pangan dan juga mengundang para peneliti dan ilmuwan, ujarnya.

"Terkait Cawapres siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo, nanti pada momentum yang tepat karena pendaftaran di KPU itu baru dilakukan pada 19 Oktober. Dimulai 19 Oktober kalau tidak salah sampai 25 (Oktober)," pungkasnya.

"Jadi, skala prioritas sekarang adalah mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar selaku Capres dari PDIP," tegas dia.

Ditambahkannya, Rakernas PDIP juga mengundang elit pemerintahan, termasuk menteri dari Kabinet Indonesia Maju.

“Tentu saja Pak Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin juga kami undang,” jelas Hasto.

Hal senada, juga disampaikan oleh Sekretaris DPW PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni. Menurutnya Rakernas kali ini pesertanya diperluas, hadirnya anggota legislatif seluruh Indonesia, kepala daerah kader PDIP.

"Ada arahan untuk Pilpres, tapi pembahasan juga terkait hal strategis pemenangan Pileg dan Pilpres. Tentu langkah apa kita lakukan dan perlu dibenahi di 2024," ucapnya.

Rakernas IV PDIP diharapkan dapat memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat luas terlebih lagi dengan tema yang diambil adalah Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda