Sosok Pemimpin Berpengalaman, Dukungan pada Ganjar Terus Meluas hingga Pimpinan Ponpes di Sumbar - Seputar Sumsel

Rabu, 27 September 2023

Sosok Pemimpin Berpengalaman, Dukungan pada Ganjar Terus Meluas hingga Pimpinan Ponpes di Sumbar

Oleh : Septa Kurnia Wibowo )*

Indonesia sangat membutuhkan regenerasi kepemimpinan untuk terus melanjutkan visi dan misi menjadikan bangsa ini sebagai sebuah negara maju, yakni menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 mendatang. Sosok pemimpin yang berpengalaman merupakan hal yang sangat penting untuk bisa terus didukung segenap elemen bangsa. Dan dukungan ditujukan kepada Ganjar Pranowo bahkan datang juga dari pimpinan Ponpes di Sumatera Barat (Sumbar).

Ganjar Pranowo dinilai memang merupakan sosok yang sangat berpengalaman untuk bisa membereskan seluruh persoalan yang tengah dihadapi okeh rakyat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya Prof. Siti Marwiyah yang juga merupakan adik kandung dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putihnya tersebut memang selama ini merupakan sosok yang sangat ideal untuk bisa menahkodai suatu wilayah. Pasalnya, dalam masa kepemimpinannya, selalu mau dan bahkan suka untuk turun secara langsung menemui masyarakatnya.

Masyarakat atau rakyat kecil di akar rumput tidak merasakan gap yang luar biasa ketika berinteraksi dengan Ganjar Pranowo secara langsung. Dalam setiap interaksinya selalu terkesan hangat dan tidak ada kecanggungan apapun dari rakyat, namun dia juga merupakan sosok pemimpin yang sangat sederhana dan merakyat.

Pengalaman yang dimiliki oleh pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu sudah sangat luas. Dari seluruh pengalaman yang dimilikinya, semuanya telah mencetak dan mencatatkan hasil yang luar biasa baiknya. Beberapa diantaranya adalah dalam hal birokrasi, dia sudah sangat paham lantaran telah berpengalaman untuk duduk di kursi legislatif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).

Ganjar Pranowo sendiri juga telah duduk di kursi eksekutif sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama 2 (dua) periode atau sepuluh tahun terakhir ini. Kedekatan yang dimilikinya dengan rakyat yang dipimpinnya tatkala menjadi gubernur itu membuatnya menjadi mampu dan mudah untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat secara langsung dengan menghadirkan solusi yang konkret dan berdampak baik.

Ganjar adalah pemimpin yang sangat dekat dengan rakyatnya, maka menjadi tidak heran mengapa dirinya memiliki kedekatan tersendiri dengan semua warga yang telah merasakan bagaimana kepemimpinannya langsung. Maka dari itu pula, mengapa banyak sekali persoalan yang dimiliki dan tengah berada di masyarakat bisa jauh lebih cepat selesai ketika dirinya memimpin.

Oleh sebab itu, Ganjar semakin banyak disukai oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan pendukungnya kian hari juga semakin meluas, termasuk dari pimpinan Pondok Pesantren (Ponpres) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Bahkan, digadang-gadang dirinya merupakan sosok Calon Presiden (Capres) yang sejauh ini memang paling ideal karena kepeduliannya yang juga sangat tinggi pada bidang pendidikan dan juga kewirausahaan.

Sebagai tokoh yang memang telah memiliki segudang pengalaman sebelumnya dalam memimpin, dirinya juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mampu semakin mencerdaskan para generasi muda penerus bangsa dan juga meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Sehingga tidak mengherankan mengapa masyarakat di Tanah Minang banyak sekali yang memberikan dukungan penuh kepada kader PDIP ini sebagai Calon Presiden (Capres) yang sangat diidamkan dan masyarakat, serta bertekad untuk bisa memenangkannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Seorang ulama di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan juga Ketua Pondok Pesantren (Ponpes) se-Sumatera Barat, Ustadz Akmal Hadi menegaskan dan menilai bahwa sosok pemimpin masa depan bangsa ini merupakan figur yang juga dekat dengan kalangan masyarakat religius di pesantren dan juga dekat dengan para kyai serta tokoh agama lainnya.

Tidak mengherankan mengapa sosoknya bisa dengan sangat mudah diterima oleh seluruh masyarakat di Tanah Air secara meluas. Selain itu, tatkala melihat dari bagaimana rekam jejak yang dimiliki oleh Ganjar dalam membangun Provinsi Jateng selama ini sudah sangat luar biasa. Begitu juga pada saat masa periode kepemimpinannya, bagaimana harmonisasi dari kehidupan beragama di wilayah itu sangat terjaga dengan baik. Seluruh umat beragama dari berbagai macam kalangan bisa saling hidup rukun berdampingan.

Untuk itu, mengapa dukungan terus saja meluas kepada sosok Ganjar Pranowo dan bahkan terus datang dari semua masyarakat di berbagai kalangan dan juga beragam latar belakang yang berbeda, termasuk pimpinan Ponpes di Sumatera Barat karena melihat dan menilai kepemimpinannya sangat luar biasa dan memiliki segudang pengalaman sebelumnya.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda