Dianggap Sebagai Pemimpin yang Mampu Berantas Kemiskinan, Forum Pemuda Sumbar Komitmen Dukung Ganjar Pranowo - Seputar Sumsel

Senin, 16 Oktober 2023

Dianggap Sebagai Pemimpin yang Mampu Berantas Kemiskinan, Forum Pemuda Sumbar Komitmen Dukung Ganjar Pranowo

Oleh : Benny Syahputra)*

Diyakini merupakan sosok yang sangat mampu dalam memberantas kemiskinan di Indonesia, maka Forum Pemuda Sumbar kini menjatuhkan dukungan penuh mereka kepada Ganjar Pranowo dan enggan untuk mengulangi kesalahan yang sama dalam gelaran Pemilu sebelumnya, yang mana mereka mengakui bahwa telah salah pilih.

Dukungan kepada Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang terus saja mengalir bahkan dari berbagai macam masyarakat di berbagai kalangan termasuk dari berbagai daerah, utamanya di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kali ini, dukungan kepada mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang pernah menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir itu datang dari Forum Pemuda Sumbar. Para generasi muda penerus bangsa itu menggalakkan dukungan penuh kepada sosok pemimpin masa depan bangsa tersebut lantaran menilai sosoknya sangat dekat dengan masyarakat dan juga berasal dari latar belakang keluarga yang biasa-biasa saja, bukan dari orang yang memang sebelumnya berada atau terpandang.

Hal tersebut menandakan dengan jelas bahwa Ganjar Pranowo memang memiliki kualitas yang luar biasa, karena bayangkan saja, seorang pria yang berasal dari latar belakang keluarga biasa saja namun bisa sampai pada titik yang sekarang ini. Jelas akan sangat berbeda jika sebelumnya dia memang sudah berasal dari latar belakang keluarga yang berada atau mampu hingga berpengaruh.

Dengan kata lain, seluruh rekam jejak dan juga pengalaman hingga berbagai macam prestasi yang berhasil dicetak oleh pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota parlemen dalam Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu sama sekali tidak dibantu popularitasnya dari golongan latar belakang keluarganya, dan murni memang karena sosok pribadinya yang berkualitas.

Justru, dikarenakan dirinya dulunya berasal dari latar belakang keluarga biasa-biasa saja, maka Ganjar Pranowo akan sangat mampu untuk memberantas kemiskinan di Tanah Air dengan jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan kandidat pemimpin lainnya. Karena dirinya sendiri memang pernah berada dalam kondisi yang sulit dulunya, sehingga bagaimana jeritan dari rakyat kecil akan jauh lebih mampu dipahaminya secara pribadi.

Kepedulian sosok Kader dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu kepada masyarakat kecil memang merupakan hal yang murni berasal dari dirinya sendiri dan bukan merupakan sesuatu yang dibuat-buat. Tentu sangat berbeda jika misalnya melihat adanya kandidat pemimpin yang sebenarnya dirinya berasal dari latar belakang keluarga berada, namun hanya karena hendak mengikuti kontestasi Pilpres saja, maka dia seolah berusaha untuk merasakan dan ikut-ikutan memasang gimik demi memenangkan hati masyarakat kecil.

Bahkan, bagaimana kepedulian Ganjar Pranowo kepada seluruh rakyat kecil sendiri juga diakui oleh mereka, bukanlah hal yang dibuat-buat. Karena memang benar-benar mereka semua merasakan dan menentukan pilihannya berasal dari seorang kandidat pemimpin yang juga menggunakan hati.

Mengenai hal tersebut, Koordinator Forum Pemuda Sumbar, Muhamad Jamil meyakini dengan sangat bahwa sosok suami Siti Atiqoh itu akan mampu memberantas segala macam persoalan berkaitan dengan kemiskinan masyarakat Indonesia dengan jauh lebih cepat dan optimal.

Pada jejak Pemilihan Umum (Pemilu) yang sebelumnya, diakui sendiri bahwa masyarakat di Tanah Minang sempat kecolongan karena mereka selama ini memang tidak melibatkan diri dalam kontestasi politik nasional. Maka dari itu, karena berusaha untuk belajar dari kesalahan sebelumnya, kini mereka sudah enggan kecolongan lagi sehingga akan jelas mampu memberikan kontribusi suara di pentas nasional kepada Ganjar Pranowo.

Selain itu, secara rasional dan juga berbagai macam survei yang dilakukan, sudah sangat jelas kalau sosok pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih tersebut sangat tepat untuk bisa dijadikan sosok pemimpin dan tempat menggantungkan mimpi seluruh masyarakat Indonesia.

Di samping itu, pihak Forum Pemuda Sumbar juga akan terus membuka adanya ruang diskusi secara berkelanjutan. Tujuan dari diadakannya hal tersebut adalah untuk semakin membuka cakrawalasa dari seluruh generasi milenial dalam menentukan bagaimana pilihan dan juga pandangan politik mereka ke depannya demi kebaikan nasib dan arah gerak bangsa nanti.

Diskusi yang hendak digelar tersebut akan dilaksanakan dengan sangat ilmiah, bahkan apabila berbicara mengenai masyarakat adat, maka akan juga dihadirkan pula para tokog yang sangat paham dengan adat, dan jika misal berkaitan dengan ekonomi, maka akan diundang pakar ekonomi.

Forum Pemuda Sumbar yang berisikan para generasi milenial dari Provinsi Sumatera Barat enggan untuk mengulangi kesalahan yang sama dalam gelaran Pemilu sebelumnya. Maka dari itu, mereka kini sudah membulatkan tekad untuk memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo karena meyakini bahwa sosok tersebut akan sangat mampu memberantas kemiskinan dengan jauh lebih baik dibandingkan dengan kandidat lainnya.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda