Rakernas PDIP, Megawati Giring Kemenangan Indonesia Menuju Pemilu 2024 - Seputar Sumsel

Minggu, 01 Oktober 2023

Rakernas PDIP, Megawati Giring Kemenangan Indonesia Menuju Pemilu 2024

Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan masyarakat Indonesia bisa adil dan makmur melalui pangan. Menurut Megawati, Indonesia harus dipandang sebagai negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Hal ini disampaikan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

"Karena cita-cita dalam membangun Indonesia yang berdaulat di bidang pangan oleh Bung Karno sudah diletakan dengan gagah sekali, bahwa pangan merupakan persoalan hidup matinya negeri," kata Hasto.

Hasto mengatakan, bagi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, masyarakat Indonesia bisa adil dan makmur hanya dari pangan yang ada di darat maupun di dalam lautan.

"Betapa hebatnya Indonesia, kita seharusnya melihat seluruh hal-hal yang otentik tentang kekayaan nusantara kita. Bu Mega berulang kali mengatakan bahwa masyarakat Indonesia bisa adil dan makmur hanya dari pangan yang ada di darat maupun di dalam lautan," imbuh Hasto.

Lanjut Hasto, laut sudah menyatukan Indonesia, maka Bung Karno mengatakan Indonesia adalah negara kelautan yang banyak pulau-pulau.

“Maka cara pandang kita seharusnya adalah cara pandang menjadikan laut sebagai jalan masa depan kita, jalan kemakmuran kita,” jelas Hasto.

Megawati menurut Hasto berharap Rakernas PDIP, bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Rakernas IV diharapakan memiliki manfaat bagi rakyat Indonesia dan di situ, lah, PDI Perjuangan menawarkan suatu narasi tentang masa depan, jauh lebih penting dari orang perorang siapa yang akan jadi capres atau cawapres," ujarnya.

Rakernas ini menjadikan petani dan nelayan sebagai pilar utama dalam pembangunan pertanian dan kelautan Indonesia. Pembangunan ini bertumpu pada penguasaan ilmu pengetahuan, penelitian, dan inovasi untuk mewujudkan kemandirian pangan.

“Jadi nanti politik pangannya lah yang nanti oleh Bu Megawati beliau sampaikan sebagai perhatian utama kita," lanjut Hasto.

Sekretaris DPW PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni menambahkan pembahasan Rakernas juga terkait hal strategis pemenangan Pileg dan Pilpres.

“Tentu langkah apa kita lakukan dan perlu dibenahi di 2024,” ungkap Rudy.

Rakernas IV PDIP digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 mengangkat tema "Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat" di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain Megawati, Rakernas PDIP juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda