Sosok Bijak dan Pendengar Aspirasi Rakyat, Tokoh Masyarakat Sumbar Sebut Ganjar Layak Menjadi Presiden - Seputar Sumsel

Jumat, 06 Oktober 2023

Sosok Bijak dan Pendengar Aspirasi Rakyat, Tokoh Masyarakat Sumbar Sebut Ganjar Layak Menjadi Presiden

Oleh : Septa Kurnia Wibowo )*

Sebagai sosok yang memiliki karakter kepemimpinan sangat bijak dan juga mampu menjadi pendengar seluruh aspirasi rakyatnya, banyak tokoh masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) menilai bahwa Ganjar Pranowo memang merupakan seorang yang sangat layak untuk menjadi presiden pada tahun 2024 mendatang.

Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Ganjar Pranowo sempat memberikan kesempatan dan bahkan secara langsung mengundang salah seorang mahasiswi yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk memberikan pertanyaan kepada dirinya.

Diketahui bahwa mahasiswi tersebut bernama Tiara Lubis, yang mana kala itu dirinya mengungkapkan bahwa saat ini kondisi di Tanah Minang sedang terjajah akibat ada banyaknya tanah di sana digunakan untuk proyek strategis nasional (PSN). Mahasiswi itu merasa bahwa di Sumatera Barat, bahkan hingga sebanyak puluhan ribu hektare tanah semuanya dikuasai oleh asing dan aseng.

Meski telah diberikan pertanyaan yang cukup mampu membuat suasana mencekam, namun ternyata di sini terlihat bagaimana Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang sangat tenang, bijak bahkan terus berupaya untuk mendengarkan seluruh aspirasi dari rakyatnya.

Pasalnya, kala itu, pihak Master of Ceremony (MC) meminta Tiara Lubis untuk menghentikan pertanyaannya. Akan tetapi justru pemimpin berambut putih itu mempersilakan sang mahasiswi untuk meneruskan seluruh keluh kesahnya hingga akhir dan mendengarkannya dengan sangat seksama.

Alih-alih memberikan respon yang juga dengan nada tinggi, justru Ganjar Pranowo menunjukkan respon yang sangat bijak, yakni dirinya memberikan senyuman dan memberikan apresiasi tinggi terlebih dahulu kepada mahasiswi asal Sumatera Barat itu. Mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini menghargai bagaimana pertanyaan serta masukan yang telah disampaikan oleh Tiara.

Kemudian, pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu menegaskan bahwa berdasarkan data, bisa dipastikan kalau justru lebih banyak tanah yang dikuasai oleh rakyat Sumbar sendiri jika dibandingkan dengan tanah yang dikuasai oleh pihak korporasi. Justru lebih banyak tanah adat di wilayah itu yang dimiliki oleh ninik mamak.

Lebih lanjut, justru di sini kembali diperlihatkan bagaimana sosok pemimpin yang sangat bijak dan juga ingin terus mendengarkan berbagai macam aspirasi rakyatnya. Ganjar Pranowo sendiri bahkan mengajak kepada mahasiswi itu ataupun siapa saja orang yang mengetahui terkait konflik agraria di sana untuk bisa membahas dan bertukar pikiran bersama.

Bahkan, pemimpin berusia 54 tahun itu mengaku juga dirinya tidak akan menutup kemungkinan apabila misalnya memang dari masyarakat hendak berpartisipasi secara langsung dan aktif untuk memberikan rekomendasi kebijakan nasional, sehingga seluruhnya mampu didiskusikan serta dibahas secara bersama.

Dengan bagaimana sosok yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo tersebut, yang mana dirinya berhasil menunjukkan figur yang sangat bijak hingga mau mendengarkan seluruh aspirasi rakyat bahkan terus berupaya untuk memnuhi berbagai macam hak dari warganya, maka tidak mengherankan menjadikan tokoh masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menilai dirinya sangat layak untuk bisa menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedelapan.

Sosok Capres yang diusung oleh PDI Perjuangan itu disebut sebagai seorang pemimpin yang sangat ideal dan juga ternyata telah sesuai dengan bagaimana karakter atau kriteria pemimpin yang selama ini dicari oleh seluruh masyarakat di Tanah Minang. Mengenai hal tersebut, Direktur Eksekutif Akademi Rumah Bangsa, Afrifan Eldo Yura menjelaskan bahwa dalam diri kader dari partai politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu terdapat ketiga konsep yang digunakan oleh masyarakat Sumbar dalam menilai pemimpin ideal, yakni tokoh, takah dan tageh.

Jelas sekali bahwa dalam diri Ganjar Pranowo, terdapat sosok yang tokoh, takah dan tageh tersebut sebagai Presiden RI pada tahun 2024 mendatang. Maka dari itu, seluruh masyarakat di Sumbar sangat menginginkan dirinya untuk bisa menjadi presiden, terlebih, karakternyat juga selama ini dikenal sangat dekat dengan semua rakyatnya.

Selain itu, sosok suami dari Siti Atiqoh itupun juga dalam kepemimpinannya selama ini sudah sangat teruji. Terbukti dari ketika dirinya masih duduk di bangku parlemen sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) maupun ketika masih menjabat sebagai Gubernur di Jawa Tengah selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir ini.

Ganjar Pranowo dinilai sebagai sosok pemimpin yang sudah sangat teruji, dirinya merupakan seorang yang cerdas, tegas, bersih dan juga memiliki visi yang sangat jelas dalam seluruh tata kelola pemerintahan yang hendak dijalankannya. Maka dari itu, menjadi tidak mengherankan mengapa banyak diantara tokoh masyarakat Sumatera Barat sangat menginginkan dirinya menjadi Presiden 2024 mendatang. Karakternya juga bijak dalam menanggapi adanya persoalan serta mau untuk terus mendengarkan seluruh aspirasi dari rakyat.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda