Tutup Rakernas ke-IV, PDIP Ajak Kader Menangkan Ganjar Pranowo dan Wujudkan Kedaulatan Pangan - Seputar Sumsel

Minggu, 01 Oktober 2023

Tutup Rakernas ke-IV, PDIP Ajak Kader Menangkan Ganjar Pranowo dan Wujudkan Kedaulatan Pangan

Oleh : Kanya Almahyra )*

Rapat Kerja Nasional Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan telah resmi ditutup pada 1 Oktober 2023. Dalam acara tersebut, banyak hal telah dicapai antara lain komitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan hingga seruan kepada para kader untuk meningkatkan militansi memenangkan Ganjar Pranowo di gelaran Pemilihan Umum 2024.

Rakernas PDI Perjuangan ke -IV digelar sejak 29 September hingga 1 Oktober 2023. Kegiatan tersebut mengambil tempat di Kawasan Ji Expo Kemayoran Jakarta Pusat.  Adapun, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'. Acara tersebut juga dihadiri oleh ratusan ribu kader PDIP, menteri, hingga Ketum Parpol koalisi.

Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, serta politikus PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hadir pula dalam acara tersebut yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto, serta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan juga terlihat hadir.

Sejumlah tokoh seperti Presiden Joko Widodo, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, hingga Bacapres PDIP Ganjar Pranowo turut menjadi pembicara dalam acara tersebut. Adapun  topik  pembahasan Rakernas tersebut tidak saja meliputi seputar kemenangan dalam Pemilu namun juga terkait dengan persoalan kedaulatan pangan yang saat ini relevan untuk terus diperbincangkan.

Presiden Jokowi yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dirinya telah membisiki Bacapres PDIP Ganjar Pranowo untuk konsisten dalam membenahi isu pangan. Menurutnya, sosok pemimpin berambut putih tersebut harus dapat segera menangani urusan pangan sesaat setelah terpilih dan dilantik menjadi presiden pada 2024.

Awalnya, Presiden Jokowi membahas soal masalah ketahanan pangan yang terjadi di dunia saat ini. Jokowi menyebut hal itu tidak hanya disebabkan iklim semata, tapi juga karena perang Ukraina-Rusia dan sejumlah negara yang menyetop ekspor pangan

Pesan yang disampaikan secara khusus kepada Ganjar Pranowo pun ditafsirkan publik sebagai sinyalemen kuat dukungan Presiden Jokowi kepada mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.  Sebab, hingga saat ini
Ganjar Pranowo diketahui memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa melanjutkan seluruh mimpi besar yang dimiliki oleh Bung Karno dan melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Kemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 juga selaras dengan keinginan PDIP untuk memenangkan Pemilu 2024. Dalam hal ini, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menekankan pentingnya kesolidan untuk meraih target suara pada Pemilu 2024. Dirinya menginginkan PDIP meraih bisa meraup suara lebih tinggi dari kontestasi politik sebelumnya.

Puan Maharani pun melanjutkan bahwa semua kader PDIP juga harus dapat turun ke bawah ke level akar rumput dan melayani masyarakat untuk merebut kemenangan. Dirinya pun menebar optimisme untuk tidak khawatir dalam meraih suara di daerah-daerah yang minim dukungan terhadap PDIP. Kunci dari kemenangan tersebut menurut Puan Maharani adalah kekompakan dan soliditas. Dengan adanya semangat tersebut, maka seluruh cita-cita PDIP diharapkan dapat terwujud.

Selanjutnya Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR itu juga menekankan pentingnya cita-cita PDIP dalam berpolitik yakni menyejahterakan rakyat. Menurutnya PDIP selama ini dibangun dengan perjuangan dan pengorbanan serta semangat kesetiaan. Berbagai faktor itulah yang kemudian harus menjadi nafas dan nilai-nilai militansi seluruh kader. Dirinya pun berpesan agar seluruh kader PDIP untuk setia kepada cita-cita partai dan tidak menyerah ketika muncul beragam ujian dan terus bergotong royong.

Berkaca pada cita-cita besar tersebut, kader-kader PDIP juga diberi tugas penting di tingkat legislatif. Mulai dari tingkat II hingga tingkat I, mereka diharapkan untuk menangkan Pemilihan Legislatif (Pileg). Ini adalah langkah krusial dalam meraih kemenangan besar di level legislatif, yang akan memperkuat peran PDIP dalam pembentukan kebijakan negara. Tak hanya itu, kader-kader PDIP juga wajib untu menjadi Juru Kampanye Ganjar Pranowo maupun PDIP dalam memenangi Pemilu 2024.

Dalam hal ini, kesatuan dalam aksi politik adalah salah satu kekuatan PDIP. Rakernas IV menegaskan bahwa semua kader PDIP harus berperan sebagai juru kampanye untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Mereka bertekad untuk memenangkan Pilpres dan mengukuhkan PDIP sebagai kekuatan politik yang tak terbantahkan.

Dalam mengakhiri Rakernas IV PDIP di JIEXPO Kemayoran, pesan utama yang dapat kita ambil adalah komitmen kuat PDIP untuk memajukan Indonesia. Mereka mengajak semua rakyat Indonesia untuk bersatu dalam visi bersama menuju kedaulatan pangan dan kemenangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Dengan adanya komitmen kuat ini, maka diharapkan seluruh cita-cita PDIP untuk mewujudkan kemajuan di Indonesia dapat terwujud.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda