Program AMANAH Ajak Pemuda Jalankan Beragam Kegiatan Bakti Sosial - Seputar Sumsel

Selasa, 25 Juni 2024

Program AMANAH Ajak Pemuda Jalankan Beragam Kegiatan Bakti Sosial

Oleh : Ramzi Harli )*

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mengajak seluruh pemuda Aceh untuk menjalankan beragam kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Para pemuda tentunya harus mendapatkan banyak bekal sehingga nantinya bisa bersiap untuk suatu saat terjun secara langsung di tengah masyarakat dan menjalani kehidupannya sebagai warga negara yang baik. Oleh karenanya, beragam kegiatan sosial yang mereka lakukan bersama dengan AMANAH tentu akan sangat bermanfaat, bukan hanya bagi mereka sendiri, melainkan bagi warga sekitar.

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) melalui realisasi AMANAH terus berupaya memperkenalkan sesuatu yang positif kepada generasi muda penerus bangsa, salah satunya adalah membiasakan mereka dalam melangsungkan kegiatan sosial. Terlebih memang program tersebut memiliki tujuan utama yakni meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Aceh. Salah satu contoh kegiatan sosial yang sangat mendatangkan banyak manfaat untuk warga sekitar yakni adanya penyerahan sapi kurban beberapa waktu yang lalu.

Tentunya penyerahan sapi kurban itu sangat bermanfaat untuk kemudian dibagikan kepada seluruh masyarakat Aceh, utamanya dapat membantu mereka yang kurang mampu sehingga bisa merasakan memakan daging sapi.

AMANAH menyerahkan sebanyak 2 ekor sapi kurban kepada Dayah Babussalam Al-Aziziyah, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen. Bendahara Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jenubieb, Tgk. Mustafa menerima secara langsung adanya bantuan itu.

Dalam acara yang berlangsung di Dayah Babussalam Al-Aziziyah, AMANAH juga turut memperkenalkan berbagai macam program melalui pentas teater yang para santri perankan.

Adapun beberapa program unggulan dari AMANAH sendiri meliputi beragam sektor, yakni pertanian, perikanan, peternakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) industri ekonomi kreatif, olahraga hingga gerakan sosial.

Bukan sekedar berfokus pada anak muda secara universal saja, melainkan keberadaan program inisiasi BIN tersebut juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk memberikan perhatiannya pada dunia pesantren atau dayah di Aceh.

Beragam kegiatan sosial yang AMANAH jalankan mampu memberikan inspirasi besar dan juga terus mendukung penuh seluruh generasi muda Negeri Rencong supaya mereka semakin mengembangkan karyanya dan turut berkontribusi positif bagi negeri.

Salah satu influencer ternama Indonesia, Syakir Daulay menilai bahwa keberadaan AMANAH mampu semakin mendorong seluruh potensi serta bakat yang anak muda Aceh miliki, sehingga bukan tidak mungkin mampu membawa mereka hingga ke kancah nasional bahkan internasional.

Banyaknya kegiatan yang AMANAH jalankan tentunya sangat bagus karena bukan hanya mendengarkan apa yang pemuda inginkan saja, melainkan juga memberikan panggung sangat terbuka lebar agar generasi muda penerus bangsa mampu tampil di depan.

Acara yang AMANAH gelar memang selalu luar biasa dan bahkan terus berhasil menyedot perhatian atau antusiasme sangat tinggi dari pemuda setempat lantaran bisa memotivasi para santri dan dewan guru untuk semakin mengembangkan usaha mereka. Dengan adanya program tersebut, mampu menjadi solusi konkret bagi berbagai macam masalah yang para santri serta dewan guru hadapi.

Sementara itu, Pengasuh Dayah Babussalam Al-Aziziyah, Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab menyambut dengan sangat baik seluruh program AMANAH yang dia anggap dapat menjadi solusi bagi permasalahan generasi muda selama ini, utamanya membantu dalam menghadapi tantangan di dunia ekonomi.

Hal tersebut lantaran dengan adanya kemampuan akan menjadi bekal yang sangat berarti bagi anak muda, oleh karenanya kemampuan tersebut harus para anak muda miliki sejak sedini mungkin. Terlebih dalam AMANAH, sama sekali tidak pernah memanjakan generasi muda di sana, namun justru berupaya bagaimana caranya membuat mereka belajar dengan mandiri dan kuat.

Terbukti, beragam kegiatan sosial yang AMANAH jalankan kemudian mendatangkan  perhatian sangat besar dari anak muda, termasuk pula tingginya apresiasi publik. Mereka semua menilai bahwa program yang diinisiasi BIN itu sangat luar biasa karena mampu memunculkan banyak inspirasi dan juga membuka peluang semakin lebar bagi para santri untuk menjadi seorang pengusaha sambil menuntut ilmu.

Bahkan tidak sedikit dari generasi muda setempat mengaku bahwa mereka sangat berbangga karena telah bergabung menjadi bagian AMANAH dan mengikuti kegiatannya, terlebih acaranya memang sangat besar dan menurut mereka sangat seru.

AMANAH tidak henti-hentinya terus mengajak para pemuda di Aceh untuk menjalankan beragam kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, yang mana mereka mengaku mendapatkan beragam kebermanfaatan semenjak program inisiasi BIN tersebut terus menggencarkan banyak kegiatan positif mereka dengan mengajak generasi muda penerus bangsa.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute, tinggal di Aceh

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda