Direktur Eksekutif Institute for Development Economics and Finance (INDEF) sebut Pemerintah Mampu Kuatkan Daya Saing Indonesia Yang Berdampak Positif bagi Ekonomi Nasional - Seputar Sumsel

Senin, 01 Juli 2024

Direktur Eksekutif Institute for Development Economics and Finance (INDEF) sebut Pemerintah Mampu Kuatkan Daya Saing Indonesia Yang Berdampak Positif bagi Ekonomi Nasional

Jakarta- Direktur Eksekutif Institute for Development Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad menyatakan secara umum kondisi perekonomian Indonesia berada pada kondisi stabil atau di level 5% secara agregat yang menunjukkan situasi ekonomi Indonesia dalam posisi tidak ada guncangan dan aman.

"Menguatnya ekonomi Indonesia pada kuartal pertama karena ditunjang dari kenaikan government expenditure maupun investasi. Dua hal tersebut sebagai kontribusi kuat pada ketahanan ekonomi nasional", Kata Tauhid Ahmad.

Menurut Tauhid Ahmad, untuk menjaga perekonomian Indonesia tetap aman, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan salah satunya melalui sektor investasi. Dimana investasi dapat mempertahankan industri strategis yang memiliki tenaga kerja paling besar, sekaligus sektor UMKM.

"Kenaikan posisi daya saing Indonesia ke peringkat 27 dunia berdasarkan berdasarkan laporan World Competitiveness Ranking (WCR) tahun 2024, menunjukkan pemerintah Indonesia telah melakukan perubahan dari tahun ke tahun. Hal tersebut patut diapresiasi bersama karena upaya pemerintah telah menunjukkan perbaikan di sejumlah sektor ekonomi." Jelasnya.

Dirinya menyebutkan bahwa terdapat juga peningkatan yang terjadi pada sektor kinerja ekonomi terutama pada pasar domestik, harga, dan government effectiveness. Hal tersebut karena keberadaan UU Cipta Kerja yang mampu menciptakan pasar tenaga kerja yang lebih kompetitif.

Sektor indutri diyakini sebagai sektor yang dinilai cukup berkontribusi pada posisi daya saing Indonesia. Hal ini harus menjadi fokus pemerintah agar posisi daya saing Indonesia dapat dijaga dengan baik sehingga terus berdampak positif kepada perekonomian Indonesia. Tutur Tauhid Ahmad.

Menguatnya perekonomian Indonesia tidak lain karena upaya pemerintah selama ini dalam meningkatkan daya saing Indonesia dengan menjaga sektor industri, sehingga hal tersebut dapat berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi nasional. Selain itu, upaya pemerintah yang mampu dalam memenuhi kondisi pasar domestik dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan juga sebagai salah satu faktor dalam menunjang kuatnya ekonomi nasional.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda