Ganjar Pranowo Mendapat Dukungan Anak Muda - Seputar Sumsel

Minggu, 21 Mei 2023

Ganjar Pranowo Mendapat Dukungan Anak Muda

Oleh : Astrid Natasha )*

Ganjar Pranowo adalah calon presiden idaman dan didukung oleh semua pihak, termasuk oleh anak muda. Ganjar dinilai sebagai pemimpin yang peduli pada generasi muda dan sering memberi beasiswa kepada para murid. Kemudian, Ganjar juga peduli kepada pengusaha muda dan mengajak mereka bersama-sama membangun Indonesia.

Pemilu 2024 sudah di depan mata dan sebentar lagi masa kampanye calon presiden. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mengumumkan bahwa calon presiden (capres) pada pemilu mendatang adalah Ganjar Pranowo. Pria yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah ini menjalankan amanah partai dan menjadi calon pemimpin yang bermutu.

Ganjar Pranowo didukung oleh rakyat Indonesia, terutama anak muda. Beliau berdiskusi bersama ribuan anak muda di Taman Musik, Bandung, Jawa Barat (Jabar). Temanya adalah dunia kewirausahaan bagi kalangan anak muda.

Ganjar pun membagikan cerita dan pengalamannya dalam membina usaha, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ia bercerita awal mula memulai program untuk mengembangkan UMKM di Jawa Tengah, salah satunya yakni program Lapak Ganjar.

Ganjar Pranowo menyatakan bahwa Lapak Ganjar dibuat karena kecelakaan (tidak sengaja). Saat ada pedagang kaki lima tidak bisa jualan, diusir Satpol PP. Kemudian ada anak muda yang menyampaikan bahwa follower beliau di Instagram sudah 5 juta, mengapa tidak bantu penjualan UMKM?

Kemudian Ganjar Pranowo membantu mewujudkannya dan membuat Lapak Ganjar yang merupakan ajang promosi online khusus untuk produk UMKM. Caranya, Ganjar mengiklankan produk yang telah mendaftar program Lapak Ganjar, melalui akun media sosial pribadinya. Ganjar mempromosikan produk tersebut secara gratis.

Ganjar mengaku sempat tak menyangka akan tingginya respons dan antusias dari pelaku usaha yang mendaftar untuk ikut Lapak Ganjar. Produk UMKM yang mendaftar juga tidak harus dari Jawa Tengah, daerah lain boleh ikut Lapak Ganjar

Kini, program tersebut telah berhasil memajukan UMKM lokal. Bahkan, tak sedikit produk UMKM Lapak Ganjar yang mendapatkan pesanan dan menjual dagangannya ke luar negeri.

Hingga hari ini, Lapak Ganjar telah memiliki 2.932 UMKM binaan dengan beragam produk di 112 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Lapak Ganjar juga memiliki 104 edisi endorsement yang masih terus berjalan.

Ganjar menambahkan, bantuan promosi untuk UMKM dimulai dari hashtag Lapak Ganjar. Beliau juga tidak menduga (antusias pelaku usaha) tinggi, setelah itu baru diatur pakai tema.

Anak muda yang baru akan memulai usaha dan telah memiliki usaha itu pun tampak semangat mengikuti diskusi kewirausahaan bersama Ganjar Pranowo. Ganjar juga tak bosan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan anak muda Kota Bandung, ihwal UMKM.

Ganjar pun mendorong anak-anak muda untuk terus mengoptimalkan kemampuan di dunia usaha. Menurutnya, perkembangan produk-produk dalam negeri di masa depan ditentukan oleh anak bangsa.

Antusiasme anak muda yang tinggi saat berdiskusi dengan Ganjar Pranowo menunjukkan bahwa mereka sangat mendukung beliau untuk jadi Presiden RI tahun 2024 nanti. Ganjar dinilai dekat dengan anak muda dan bisa membaur dengan luwes. Ucapan dan bantuannya menunjukkan bahwa beliau perhatian dan tidak hanya pencitraan. Namun melakukan aksi yang bisa membantu sesama, terutama pengusaha muda di bidang UMKM.

Ganjar Pranowo sadar bahwa pengusaha muda yang bergerak di bisnis UMKM perlu dibantu. Apalagi setelah Indonesia didera pandemi covid-19 selama 3 tahun. Pengusaha UMKM sedang dalam proses bangkit setelah terkena efek pandemi, dan mereka sangat menghargai bantuan dari Ganjar. Mereka senang karena ada calon presiden yang mau merangkul anak muda agar lebih maju.

Bantuan yang diberi adalah motivasi dan endorsement gratis di akun sosial medianya sehingga sangat membantu untuk mempromosikan produk-produk dari para pebisnis UMKM. Padahal jika para pengusaha ingin mendapatkan endorse dari para influencer yang memiliki jutaan pengikut, harus membayar dengan sangat mahal. Namun oleh Ganjar malah digratiskan karena beliau memiliki niat baik untuk menolong pebisnis UMKM.

Apalagi Lapak Ganjar tak hanya menampilkan foto produk UMKM begitu saja. Namun juga dihias sedemikian rupa sehingga tampilan visualnya menarik dan membuat banyak orang ingin membeli produk tersebut. Bantuan dari Ganjar Pranowo untuk para pengusaha muda benar-benar totalitas.

Para pebisnis UMKM berterima kasih kepada Ganjar Pranowo karena diberi kesempatan untuk berpromosi di akun media sosialnya. Bantuan yang diberikan oleh beliau adalah ‘kail’ bukan ‘ikan’. Maksudnya, yang diberi bukan sekadar uang, yang bisa dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari, padahal seharusnya untuk modal usaha. Namun bantuan promosi adalah salah satu cara agar bisnisnya berkembang karena lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Calon Presiden Ganjar Pranowo sangat dicintai oleh rakyat Indonesia, terutama generasi muda. Mereka yakin bahwa Ganjar akan jadi calon pemimpin yang bisa membuat negeri ini makin maju. Ganjar bisa membaur dengan anak muda dan mau berdiskusi untuk memberi motivasi kepada mereka. Ganjar juga memberikan bantuan berupa promosi gratis kepada para pengusaha UMKM, agar bisnis mereka makin maju.

)* Penulis adalah alumni Unpar

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda