Kembali Dipercaya Dunia, Indonesia Gelar E-sports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022 - Seputar Sumsel

Kamis, 01 Desember 2022

Kembali Dipercaya Dunia, Indonesia Gelar E-sports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022

Bali - Indonesia E-sports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022 akan berlangsung di Bali mulai tanggal 2 hingga 11 Desember 2022. Kejuaraan Esport tahun ini akan dilaksanakan di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali.

Indonesia ternyata dipercaya kembali oleh dunia untuk menggelar kejuaraan dunia. Kali ini e-sport berstandar internasional, yakni 14th World Esports Championships 2022.
 
Saat menerima Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia ( PB ESI ) Bambang Sunarwibowo, Sekjen PB ESI Franky Ong dan Wakil Ketua Bidang Umum PB ESI Adipati Karna di Kemenpora, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan pihaknya mendukung penuh gelaran akbar Indonesia Esports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022.

"Kemenpora akan memberi dukungan kepada PB ESI yang akan mengelar Indonesia Esports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022. Insyah Allah kami akan datang dan membuka acara ini," kata Menpora Amali (29/11).

Menpora berharap agar gelaran dunia ini dapat memunculkan atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional

Sementara itu, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Menpora Amali terkait pengembangan cabang olahraga Esports Indonesia.

"Terima kasih Pak Menpora atas dukungan terhadap perkembangan Esports Indonesia. Saya optimis, Indonesia Esports Summit  2022 dan 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia," ujar Bambang.

Budi Gunawan merupakan Ketua Organisasi Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PBESI), yang  resmi dilantik pada 18 Januari 2020 di Hotel Kempinski, Jakarta.

Esports Indonesia (ESI) merupakan organisasi induk cabang olahraga esports di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia.

Untuk diketahui, PB ESI sukses menyelenggarakan pertandingan eksibisi esports pada PON XX di Papua tahun 2021 lalu.

Sementara itu, pada SEA Games 2021 di Vietnam, E-sports Indonesia berhasil meraih enam medali, yakni dua medali emas, tiga perak dan satu medali perunggu. Raihan medali tersebut disumbangkan oleh divisi PUBG Mobile (emas dan perak), Mobile Legends (perak), Free Fire (emas dan perak), dan Crossfire (perunggu).

Saat membagikan bonus kepada para atlet-atlet E-Sports Sea Games yang berprestasi, Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Budi Gunawan mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi para atlet Esports Indonesia. Dirinya berharap, pengembangan Esports ke arah yang lebih positif dan mampu untuk membawa kemajuan bangsa.

Budi Gunawan juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022.

Untuk diketahui E-sports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022 akan diikuti oleh lebih dari 106 negara dan 700 atlet. Indonesia akan menurunkan kurang lebih 50 atlet dan akan mengikuti  seluruh jenis gim yang bakal dipertandingan, diantaranya Tekken7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. []

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda