Mengapresiasi Peluncuran Tim Bola Voli BIN - Seputar Sumsel

Minggu, 04 Desember 2022

Mengapresiasi Peluncuran Tim Bola Voli BIN

Oleh : Susan Widiyaningsih )*

Badan Intelijen Negara (BIN) meresmikan Tim Bola Voli Jakarta BIN dan Surabaya BIN Samator. Langkah ini perlu mendapat apresiasi sebagai bentuk keberpihakan BIN terhadap pengembangan talenta muda berprestasi dan masa depan olah raga nasional.

Peresmian Tim Bola Voli Jakarta BIN dan Surabaya BIN Samator dilaksanakan di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) pada Minggu (4/11). Dalam peresmian tersebut, BIN memperkenalkan sejumlah atlet yang memperkuat tim tersebut. Selain peresmian Tim Bola Voli Jakarta BIN dan Surabaya BIN Samator, pihak BIN juga menyerahkan dukungan kepada perwakilan pelatih dan atlet.

Tim Bola Voli Jakarta BIN dan Surabaya BIN Samator merupakan upaya konkret BIN untuk meningkatkan kualitas olah raga nasional. Oleh sebab itu, keberadaan tim besutan BIN tersebut diharapkan dapat berkontribusi dan menorehkan prestasi tidak hanya pada liga bergengsi seperti turnamen voli Proliga namun juga kompetisi lain bertaraf internasional. Dengan demikian, para atlet dapat mengharumkan nama bangsa.

Ketua Persatuan Olah Raga (PORBIN)  Komjen Bambang Sunarwibowo menjelaskan bahwa pembentukan Tim Bola Voli BIN merupakan instruksi langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (P) Budi Gunawan yang sesuai dengan program Pemerintah

Sebagaimana diketahui, pembinaan dan pendampingan adalah salah satu strategi untuk menjadi juara. Dalam hal ini, pembinaan dan pendampingan para atlet diperlukan agar para atlet semakin fokus meraih prestasi. Hal itu disebabkan, Keberhasilan seorang atlet bukan saja diperoleh dari bakat saja, namun juga pembinaan dan pengelolaan atlet yang baik.

Sementara itu,  Olah raga bola voli merupakan satu dari tujuh cabang olah raga profesional yang terus dikembangkan dalam wadah olah raga BIN atau PORBIN.

Keberadaan Tim Bola Voli Jakarta BIN maupun Surabaya BIN Samator diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam kompetisi Proliga 2023 hingga liga internasional kedepannya. Sehingga, para atlet dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Tim Voli binaan BIN saat ini telah berhasil menorehkan prestasi gemilang. Salah satunya adalah dari Tim Bola Voli putri BIN yang berhasil menjuarai Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi 1 2022. Mereka menjadi kampiun setelah berhasil mengalahkan Bharata Muda Jakarta.

Pencapaian tersebut tentu saja membuat Budi Gunawan selaku Kepala BIN, mengaku bersyukur dan bangga. Menurutnya BIN memiliki talenta pemain bola voli yang bagus sehingga bisa menjadi juara.

Budi mengatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan para atlet yang memiliki talenta bagus di Sekolah Tinggi Intelihen Negara (STIN) dan BIN. Kemudian dipusatkan pelatihannya menjadi satu, karena bagus maka dimulai dari event Livoli Divisi I.

Selain itu, Budi juga menargetkan tim bola voli putri BIN bisa tampil secara maksimal di liga divisi utama dan Proliga.

Dirinya juga berterima kasih kepada sponsor dan pihak ketiga yang juga telah menyokong kedua tim. Sehingga pembinaan untuk para pemain bisa berjalan secara maksimal.

Ia juga mengatakan agar anggota POR BIN selalu menggelorakan semangat dalam suasana kebersamaan dan menjunjung tinggi fair play, serta sportivitas dalam setiap pertandingan.

BIN juga meluncurkan wadah yang membina atlet nasional menjadi atlet yang berprestasi. Wadah tersebut adalan Persatuan Olahraga BIN (PORBIN).

PORBIN merupakan bentuk perhatian untuk personel BIN dan taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang memiliki talenta di bidang olahraga.

PORBIN sendiri menaungi delapan cabang olahraga, seperti BIN Volleyball Club (bola voli), BIN Weightlifting Club (Angkat Besi), BIN Tennis Club (tenis), Velox et Exactus Shooting Club (Menembak), Satlasus Tarung Derajat STIN (Tarung Derajat, Esport dan BIN Running Club (Lari).

Seluruh cabang olahraga tersebut dikembangkan secara profesional dengan diisi pelatih yang mempunyai kapasitas mumpuni sehingga talenta terbaik di BIN dapat berkembang.

Di cabang bola voli, ada nama Nur Fikri Harsyah Muhammad, Ratri Wulandari dan Alya Annastasya. Meski belum genap satu tahun, tim bola voli BIN Putri telah berhasil menjadi juara pada Livoli Divisi I 2022 sekaligus layak promosi ke Divisi Utama tahun depan.

Ke depan tim bola voli dari BIN juga akan mengikuti Proliga, di mana event tersebut merupakan salah satu kejuaraan bola voli bergengsi di tanah air. Rencananya kompetisi tersebut akan bergulir pada 5 Januari sampai dengan 19 Maret 2023.

Semua pertandingan Proliga 2023 akan diselenggarakan di 9 GOR di 8 Kabupaten/Kota, meliputi Bandung, Palembang, Banyumas, Malang, Gresik, Yogyakarta, Surakarta dan Semarang.

Pembentukan POR BIN khususnya tim Bola Voli merupakan wujud komitmen BIN untuk mewadahi atlet bertalenta yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang olahraga.Bagaimanapun juga peluncuran Tim Bola Voli BIN patut diapresiasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan harga diri bangsa di kancah internasional.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda