Keketuaan di ASEAN Tahun 2023 Menunjukan Peran Strategis Indonesia Diperhitungkan - Seputar Sumsel

Senin, 08 Mei 2023

Keketuaan di ASEAN Tahun 2023 Menunjukan Peran Strategis Indonesia Diperhitungkan

JAKARTA - Untuk kali kelima di tahun 2023 ini Indonesia memegang tongkat kepemimpinan KTT ASEAN dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".
 
Tema tersebut memiliki arti penting bahwa Indonesia akan terus mendorong ASEAN tetap penting dan relevan bagi dunia. Sehingga diharapkan ASEAN akan dapat terus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kawasan dan global.
 
Peneliti Policy Center – Iluni UI, Gerald Junius mengatakan keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN tahun ini menunjukan bahwa Indonesia memiliki peran strategis di kawasan.
 
Gerald juga menilai bahwa Indonesia memiliki peranan penting dalam hal memperkuat kelembagaan ASEAN.  
 
“Keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN tahun ini dapat kita maknai bersama bahwa peran strategis Indonesia sangat diperhitungkan di kawasan, khususnya dalam hal memperkuat kelembagaan ASEAN,” ujar Gerald,
 
Saat ini dunia tengah memasuki situasi yang penuh dengan ketidakpastian, khususnya terkait sektor perekonomian. Sehingga menurutnya, kesuksesan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan global dapat menjadi contoh bagi banyak negara di ASEAN.
 
“Tentu kita tahu bahwa ditengah situasi ketidakpastian global saat ini yang penuh dengan beragam konflik, ketidakpastian ekonomi, dan banyak hal ketidakpastian lainnya, resiliensi Indonesia dalam menghadapi berbagai dinamika global dapat menjadi role model bagi negara-negara ASEAN,” ungkapnya.
 
“Sehingga kita dapat melihatnya dari 2 sisi, yaitu terkait eksistensi dan trust. Bahwa terdapat bukti nyata Indonesia mampu menghadapi pandemi maupun ketidakpastian ekonomi global. Sehingga trust dunia terus meningkat untuk Indonesia,” tambahnya.
 
Gerald mengajak seluruh elemen untuk tetap optimis dan terus mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN Summit ke-42 Labuan Bajo, NTT.
 
“Oleh karena itu, kita optimis dan berharap penyelenggaraan KTT ASEAN SUMMIT 2023 ini dapat berjalan dengan sukses serta dapat mendorong outcome positif dalam mengkordinasi agenda kebijakan untuk kepentingan nasional Indonesia,” tutupnya.
 
Sementara itu, Peneliti Makara Insight Satya Aji Pratama, S.Kom mengatakan, yang digelar di Indonesia selama tahun 2023 yang berkaitan dengan KTT ASEAN 2023 memberikan dampak positif berupa peningkatakan ekonomi bagi Indonesia secara langsung.
 
“Dari sisi ekonomi, seluruh rangkaian acara penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 itu banyak memberikan manfaat langsung bagi Indonesia, terutama mendorong pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda