Ganjar Pranowo Capres Paling Dekat dengan Kalangan Ulama - Seputar Sumsel

Rabu, 30 Agustus 2023

Ganjar Pranowo Capres Paling Dekat dengan Kalangan Ulama

JAKARTA — Ganjar Pranowo merupakan sosok Capres yang paling dekat dengan seluruh kalangan ulama.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah menyatakan bahwa kehadiran kader partainya dalam acara Muktamar Sufi Internasional merupakan bukti nyata dari bagaimana kedekatannya dengan kalangan ulama.

“Kehadiran Ganjar Pranowo sekaligus sebagai Gubernur Jawa Tengah yang selama ini dikenal luas dekat dengan kalangan ulama,” ujarnya.

Bukan hanya dengan kalangan ulama saja, melainkan Ganjar Pranowo juga merupakan sosok pemimpin yang dekat dengan kalangan pesantren.

Bagaimana sikapnya tatkala bertemu dan berhadapan langsung dengan para ulama juga merupakan sebuah sikap yang autentik menunjukkan dirinya yang rendah hati.

“Saya melihat kerendahatian Ganjar Pranowo kepada Habib Lutfi dan para ulama saat menghadiri WSF sangat autentik,” tambah Said.

Jelas sekali bahwa sosok pemimpin berambut putih itu sangat paham bagaimana antropologi dan juga adab hidup di pesantren, karena memang separuh jiwa darinya dibentuk oleh para ulama.

Kedekatan tersebut bahkan sudah sejak dulu tatkala dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dengan rajin melakukan agenda sowan ke kalangan ulama.

“Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, beliau juga sangat rajin sowan ke kalangan ulama ulama NU dan Muhammadiyah,” ungkap Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut.

Said juga menambahkan bahwa sosok Capres PDI Perjuangan itu senantiasa melakukan konsultasi kepada para Kyai setiap hendak mengambil sebuah keputusan yang penting menyangkut hajat hidup rakyatnya.

Kemudian Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Nasyirul Falah Amru menilai bahwa digelarnya Mukmatar Sufi Internasional di Kota Pekalongan Jawa Tengah juga merupakan bukti kedekatan Gubernur Jatng dengan para ulama.

"Jadi, di era kepemimpinan mas Ganjar Pranowo inilah, Jateng menjadi Zawiyah (tempat pertemuan) para ulama sufi," katanya.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu juga memiliki kedekatan yang spesial dengan Habib Luthfi bin Yahya.

Pasalnya, tokoh ulama tersebut pernah secara langsung memberikan nasehat kepada Ganjar Pranowo.

"Kala menerima kunjungan Ganjar di Pekalongan beberapa bulan lalu, Habib Lutfi berpesan agar Ganjar mampu merawat kebangsaan,” kata Nasyirul Falah.

“Dan memang Mas Ganjar adalah pemimpin yang sejak dulu rajin sowan ke ulama untuk mendapatkan nasehat tentang kehidupan dan kepemimpinan," ungkap Gus Falah.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menuturkan salah satu alasan mengapa partainya memberikan dukungan kepada Ganjar adalah karena memang dirinya pemimpin yang dekat dengan ulama.

"Kedekatan calon presiden Ganjar Pranowo dengan para ulama dan habaib tentu menjadi salah satu dasar bagi PPP untuk mengusungnya menjadi calon presiden di 2024, karena PPP merupakan partai yang didirikan oleh para ulama," katanya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda