Disambut Sangat Antusias, Ribuan Warga Ngawi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 - Seputar Sumsel

Senin, 17 Juli 2023

Disambut Sangat Antusias, Ribuan Warga Ngawi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

NGAWI – Ribuan warga Ngawi, Jawa Timur mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024, kedatangannya disambut dengan sangat antusias saat berkunjung ke Kabupaten Ngawi.

Ganjar Pranowo disambut dengan reog lengkap hingga penari dan pemain musiknya, mereka terlihat gembira dengan kedatangan Gubernur Jawa Tengah itu.

Banyak warga yang berantusias oleh kedatangannya, hingga mengerubungi Ganjar untuk sekedar bersalaman dan mengajak selfie dirinya.

Bukan tanpa alasan, kehadiran pemimpin rambut putih itu hadir ke Kabupaten Ngawi untuk menghadiri Parade Reog di Kepatihan Ngawi. Dirinya juga melakukan peletakan batu pertama Joglo Budaya Kabupaten Ngawi.

Kendati demikian, safari politik Ganjar ke Jawa Timur yang meluas itu mendapatkan banyak dukungan kepadanya untuk menjadi Presiden RI berikutnya.

Di sisi lain, Surabaya Survey Center (SSC) baru saja merilis hasil riset mengenai perilaku politik masyarakat Surabaya menjelang Pemilu 2024.

Dalam paparan survei tersebut, Gubernur Jateng itu memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi yakni diangka 56,3% lebih unggul daripada calon presiden (Capres) yang lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan masayarakat Jawa Timur pada dirinya saat ini.

“Terima kasih dukungannya kepada warga Jatim mudah-mudahan hubungan persaudaraan dan kekeluargaan tetap bisa berjalan,” ungkap Ganjar usai menghadiri acara Orasi Kebangsaan Berwawasan Pancasila di Gelora Pancasila Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi elektabilitas Ganjar Pranowo di Surabaya yang lebih unggul dibandingkan lainnya.

“Pertama, Kota Surabaya identik sebagai kandang banteng atau sebagai salah satu kota di Jawa Timur dengan basis massa PDIP terbesar,” jelas Ikhsan.

Faktor kedua yang menjadi keberhasilan Ganjar memiliki elektabilitas yang tinggi yaitu dirinya berhasil membangun hingga memiliki citra-citra yang positif di masyarakat, baik sebagai pejabat publik bahkan sebagai tokoh politik.

Gubernur Jawa Tengah itu sudah berhasil menunjukkan dirinya sebagai pejabat publik yang memiliki kinerja mumpuni sebagai kepala daerah yang bersih dan anti korupsi. Sementara sebagai tokoh politik, Ganjar dikenal sebagai tokoh yang egaliter, merakyat, rajin blusukan keberbagai lapisan masyarakat.

“Karakrer egaliter yang dibangun Ganjar ini identik dengan karakter masyarakat Arek, utamanya warga Surabaya,” sambung Ikhsan.

Kuatnya dukungan masyarakat terhadap Ganjar Pranowo di Jawa Timur, khususnya Surabaya ini memang melalui banyak simpul relawan pendukungnya yang bekerja secara sukarela dan spartan.

Adanya kolaborasi antar simpul yang dapat memaksimalkan berbagai metode, seperti melalui mobilisasi teritorial berbasis jaringan, mobilisasi opini publik media massa, media internet, hingga media sosial yang berdampak secara nyata.

Dukungan untuk Ganjar Pranowo tak berhenti sampai disitu, bahkan ribuan kepala desa diberbagai wilayah Jawa Timur turut mendeklarasikan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah itu untuk menjadi Presiden 2024-2029 mendatang.

Melalui silaturahmi, kegiatan yang dihadiri langsung oleh kurang lebih 6000 orang itu termasuk paguyuban kepala desa se-Jawa Timur, Ganjar dinilai sebagai dewan pembina kepala desa yang memahami betul aspirasi desa.

“Kami sudah solid mendukung Pak Ganjar sebagai Presiden 2024. Dan kami Jawa Timur, kompak mendukung Pak Ganjar. Kami berharap keapda Pak Ganjar ketika terpilih nantinya bisa membangun desa,” ucap Munawar, salah satu kades asal Kabupaten Bangkalan.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda