Ganjar Komitmen Dorong Jaminan Sosial Lebih Efektif untuk Pahami Rakyat Kecil - Seputar Sumsel

Senin, 16 Oktober 2023

Ganjar Komitmen Dorong Jaminan Sosial Lebih Efektif untuk Pahami Rakyat Kecil

Bandung - Ganjar Pranowo memiliki komitmen yang sangat kuat untuk terus mendorong adanya jaminan sosial agar bisa jauh lebih efektif untuk semakin memahami rakyat kecil. Dirinya memperkenalkan program Gaspol, yang memang dirancang untuk mengatasi berbagai macam permasalahan di Tanah Air.

Salah satunya adalah mengenai jaminan sosial, khususnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Menurut Ganjar Pranowo bahwa memang penting untuk memiliki analisis data yang handal untuk memahami bagaimana situasi masyarakat kecil.

Sehingga, ke depanya tindakan yang hendak dilakukan bisa jauh lebih efektif. Selain itu, mantan Gubernur Jateng tersebut berkeinginan untuk menyederhanakan BPJS dan memastikan bahwa 99,5 persen penduduk tercakup oleh program itu.

"Kita butuh digital analyst, terbayang jika kita mengetahui data orang miskin dengan baik. Sehingga bisa ditanggulangi dengan baik. Bahkan saat kesulitan, negara harus hadir. Pak, BPJS saya sulit, maka adanya simplifikasi terhadap BPJS dan 99,5% harus ter-cover,” kata Ganjar.

Selain itu, perihal upah minimum pekerja juga dimasukkannya dalam program Gaspol. Baginya, penentuan upah minimum harus dilakukan dengan bijaksana dan adil. Terkait hal ini, dirinya telah berdiskusi dengan serikat buruh dan berusaha untuk memberikan pandangan strategis demi mencapai upah minimum yang layak.

"Upah minimum harus ditetapkan, saya kemarin ngobrol dengan serikat buruh di Kabupaten Bandung Barat. Mencoba memberikan gambaran, strategi bagaimana bisa mencapai upah minimum," ucap Ganjar.

Kepedulian Ganjar Pranowo kepada para rakyat kecil juga diakui oleh banyak pihak, termasuk oleh intelektual muda dari perwakilan 10 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Mereka memberikan dukungan penuh kepada pria yang juga pernah menjabat sabagai Anggota DPR RI dua periode itu agar bisa mmenangkan Pilpres 2024.

Korwil Ganjar Milenial Center (GMC) Kaltim, Sadly Jaya M mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada seluruh masyarakat lantaran dinilai sangat peduli dengan rakyat kecil.

“Pak Ganjar sebagai tokoh nasional yang kita perkenalkan bisa menjadi satu titik atau nilai bahwa ada sosok pemimpin ada yang peduli kepada mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Orang Muda Ganjar (OMG) Provinsi Kaltim juga mendeklarasikan dukungan mereka dan berkomitmen akan terus memasifkan gerakan sosialisasi pemimpin berambut putih itu.

“Kami Orang Muda Ganjar Kaltim menyatakan sikap mendukung Pak Ganjar Pranowo di Pilpres 2024,” kata Koordinator Wilayah Orang Muda Ganjar (OMG) Kaltim, Erwin Timbang.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda